BPBD Maros Bentuk Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros membentuk desa dan kelurahan tangguh bencana (Destana).

Tangguh bencana
Peserta pelatihan desa dan kelurahan tangguh bencana BPBD Maros.

Hal itu ditandai dengan pelatihan yang berlangsung di Gedung Serbaguna Pemkab Maros selama dua hari, Senin dan Selasa ini.

Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang saat membuka kegiatan tersebut, berharap desa dan kelurahan tangguh bencana bisa menjadi starter point untuk  mewujudkan satu perangkat kesiapsiagaan bencana, khususnya di daerah pedesaan.

“Sehingga resiko yang mungkin timbul akibat bencana dapat diminimalisir atau dikurangi,” ujarnya, Selasa (1/10/2019).

Dia juga berharap agar masyarakat bisa memahami ancaman bencana yang ada di wilayahnya dan mengetahui cara untuk mengatasi ancaman tersebut.

“Jika Destana sudah terbentuk, desa dan kelurahan akan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. Serta memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana,” jelasnya.

Menurutnya, pembentukan Destana sangat penting untuk diwujudkan. Mengingat letak geografis Kabupaten Maros yang masuk dalam kondisi rawan bencana, antara lain bencana banjir, angin kencang, tanah longsor dan bencana kekeringan,” paparnya.

Sementara,  Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan BPBD Maros, Nasrul mengatakan, program ini dibentuk untuk mengurangi risiko bencana.

“Secara tidak langsung, para relawan ini menjadi mitra BPBD. Sehingga ketika terjadi bencana mereka dulu yang mengantisipasi sampai tim dari BPBD turun ke lapangan,” ujarnya.

Dalam pembentukan Destana ini ada sekitar 300 orang yang dilantik, mereka merupakan perwakilan dari 20 desa dan 10 kelurahan.

Sebelumnya di tahun 2016, BPBD Maros sudah membentuk relawan Destana di masing-masing 1 desa dan 1 kelurahan.

“Setelah pembentukan Destana ini selanjutnya akan ada pelatihan yang dilaksanakan oleh tim satgas penanggulangan bencana,” jelasnya. (*)

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *